MTs NEGERI 2 PONTIANAK

Madrasah Beriman, Bertaqwa, Hidup Sehat, dan Berprestasi

Merambah Sastra, Guru dan Siswa MTs.N 2 Pontianak Dapat Penghargaan MURI

Kamis, 181-2024

Dua guru dan dua siswa MTs.N 2 Pontianak mendapatkan penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan di Jakarta bersamaan dengan peluncuran buku dan Malam Penghargaan 29-30 Desember 2023 yang lalu. Penghargaan tersebut diberikan karena guru dan siswa ini karena karya syair mereka masuk dalam Buku “Antologi Syair Dunia : Syair Untuk Negeri”, buku syair dengan penulis terbanyak.

Keberhasilan siswa dan guru ini sangat mengharumkan nama madrasah di tingkat nasional. Dua guru tersebut adalah Tina Susriana, S.Pd., beliau guru Bahasa Indonesia dan Dra. Nji Juania Sufiantika, M.Ed., sebagai guru matematika. Sedangkan dua siswa yang juga ikut menulis adalah Irda Dinar Syafitri merupakan siswa kelas 7 dan M. Al Faqih faiz Ali siswa kelas 8.

Sebelumnya guru dan siswa ini tergabung dalam kelompok menulis yang digagas oleh Perkumpulan Rumah Seni Asnur (Perruas) yang dipimpin oleh Asrizal Nur. Mereka mengikuti pelatihan dan penulisan syair selama dua bulan, mulai Mei sampai dengan Juni 2024. Di kelompok ini peserta dikenalkan dengan jenis sastra syair dan teknik menulis syair.

Tindak lanjut dari pelatihan peserta diharuskan menulis syair dengan tema “Syair Untuk Negeri”. Tulisan peserta pelatihan akan digabungkan dalam buku Antologi Syair Dunia. Buku ini memuat berbagai jenis syair namun engan tema yang sama. Peserta pelatihan akan diberikan sertifikat pelatihan 36 jam, Piagam Penghargaan MURI, dan satu buku Antologi Syair Dunia. Selain itu mereka juga diundang pada acara Peluncuran Buku dan Malam Penghargaan di Jakarta.

“Saya sangat bangga dengan guru dan siswa yang telah mampu berbicara di tingkat nasional. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi keberhasil dari kedua guru dan dua orang siswa ini. Apa lagi kegiatan ini mandiri diikuti oleh mereka”, ungkap kepala madrasah.

Beliau juga mengharapkan agar guru selalu memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dengan memanfaatkan waktu luang melalui kegiatan pelatihan dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat mendorong berkembangnya kompetensi diri sebagai pendidik.  Guru juga diharapkan selalu memotivasi siswa agar menggali potensi diri dengan terus berkompetisi agar menjadi siswa yang berprestasi, ungkapnya. Semoga.  (Tim Pengelola SIM MTs.N 2 Pontianak)

Madrasah Hebat, Bermartabat, Mandiri, dan Berprestasi

Moto MTs. Negeri 2 Pontianak : Madrasah Beriman,  Bertaqwa,  Hidup Sehat, dan  Berprestasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top